Translate

Senin, 30 Maret 2009

Bobroknya Moral Bangsa Kita

Apabila kita memiliki sedikit waktu untuk merenung, banyak hal yang membuat kita tidak percaya akan apa yang terjadi belakangan ini. Sulap ataukah sihir yang telah menggerogoti moral bangsa ini. Sudah banyak kita mendengar, membaca, bahkan melihat berita di televisi bayi lahir tanpa orang tua ditinggalkan di TPS, siswa-siswi melakukan adegan mesum yang dipublikasikan, ada pula ayah perkosa anak karena alasan istri sudah tidak bisamelyani nafsu birahinya, guru cabuli murid, anak bunuh orangtua karena tidak puas akan pembagian warisan, tokoh agama mengajarkan doktrin ekstrem kepada murid-muridnya, orang-orang berebut kekuasaan dengan menghalalkan berbagai cara, dan masih banyak lagi.
Berdasarkan hal tersebut, apa yang salah dengan sistem pendidikan di negara kita? Apa mungkin perkembangan teknologi dapat kita persalahkan dengan adanya fenomena buruk belakangan ini. Mungkin ada benarnya juga, jika teknologi informasi yang ada belakangan ini membantu tumbuh suburnya hal negatif bagi perkembangan moral bangasa.
Ada yangbilang bahwa perkembangan bangsa Indonesia tertinggal satu abad dari bangsa Eropa, sehingga wajar kalau bangsa kita saat ini mengalami shock culture. Di mana kita mengalami tabrakan budaya yang sulit dipilih mana yang baik dan yang buruk, sehingga main tabrak saja tanpa memikirkan dampaknya. Bangsa ini akan menjadi baik, apabila adanya suatu kesepakatan bersama untuk memberi perhatian mengenai ketimpangan sosial budaya dan kebiasaan.

0 komentar:

Posting Komentar