Translate

Jumat, 15 Januari 2010

Motor Idaman

YAMAHA BISON

FZ16 articleMeski nama ini belum sepenuhnya fix,ada kemungkinan berubah, tapi asyik juga kalo dibahas. Artikel iseng cuy..

tiger revo asimetrisTak ada yang menyangkal kedigdayaan Honda Tiger sebagai motor sport idaman yang mampu bertahan sekian tahun di bumi Indonesia. Meski rekornya sebagai motor produksi lokal dengan kapasitas terbesar sempat dipaksa ditanggalkan oleh Suzuki dengan produksi Thunder 250. Tapi toh, Suzuki Thunder 250 tak bisa bertahan lama. Apalagi kalo bukan masalah klasik, harga beli mahal, spare part juga mahal. Padahal kalo ditanyakan kepada penggunanya, “Ini produk masih impor dari Jepang. Tahu sendirilah kualitasnya terkenal awet dibandingkan produk lokal. Dihitung-hitung malah lebih murah pakai part asli Jepang. Kelihatan awalnya saja yang mahal” tutur Ivan yang sempat memiliki Suzuki Thunder 250 tiga kali dalam waktu yang berbeda.

Suzuki Thunder, mungkin terdengar agak konyol, tapi menurut beberapa rekan ini merupakan kata ganti plesetan Tiger menjadi Thunder. Believe It or Not?

Proyek tarik ulur PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yaitu Scorpio,motor sport berkapasitas 225 cc ini dikenal motor sport yang memiliki sedikit DNA supermoto ini juga kenapa kalah dengan Tiger? Karena diinjak saja sudah mati,wekekekekekekekekek…Sempat pernah dengar dari bercandaan rekan bikers. Just kidding lho..peace ah..

Angka penjualan Scorpio tak sebesar saudara mudanya, V-Ixion yang menyumbang di kisaran 85% dari kelas motor sport untuk garputala.

Nah..kenapa Yamaha sekarang pake nama Bison? Hmmm..mungkin, seperti tradisi Yamaha lainnya senang berteka teki ria. Huruf Bison terdiri atas lima huruf Be – I – eS – O – eN. Dibaca BIII..SONNN. Pinter anak-anak..

Halah, kembali ke laptop. nah..kalo yang doyan baca buku karangan Dan Brown ataupun komik Detektif Conan pastilah terusik dengan kejahilan Yamaha dalam membuat nama. Yup. B 150 N. Bagi yang berdomisili di Jakarta, bisa diembat dulu nih plat nomer cantik ini ya entar dilelang buat yang berminat. Ini cocok yang kepengen cari penghasilan tambahan. Atau bisa juga dibeli domainnya dulu,containnya nyusul seperti bison.org, bison.net, dan mungkin yang paling cantik bison.biz dipilih..dipilih…

150cc adalah kapasitas motor sport Yamaha teranyar ini, meski kapasitas bersihnya 153cc. Sosok Bison sendiri merupakan besar,gagah cocoklah bertarung dengan macan di belantara. Penerawanganku mengatakan, sport teranyar Yamaha ini akan menjadi andalan para penggemar touring. Mesin yang sederhana dan irit bahan bakar menjadi handalannya. Sosok gagahnya dengan desain baru yang terinsipirasi oleh FZ series bakal membuat penetrasi pasar yang baik di kelas sport. Apalagi lampunya,woow keren..cocok diembat buat modif nih..

head lamp bisonhead lamp tiger

Kembali ke kelas ah…

Anak-anak, satwa yang makan daging apa? Macan !!!

Pinter,satwa yang makan sayuran apa? Bison !!!

Cakep..kalo Bison makan Macan ? Time Will Tell Lagghhh…

FYI : meski mengusung nama Tiger tak pernah AHM merilis produk sportnya ini dengan tema Tiger

COBA BANDINGKAN!

Boleh dibilang komparasi ini cukup berani, karena pada dasarnya FZ-16 ”bison” yang akan dirilis berkapasitas 160cc atau lebih kecil 20cc dibanding Tiger New Revo yang 200cc ataupun Pulsar 180 DTSi. Tapi meski berukuran “kecil” kenapa FZ-16 berani berduel dengan motor yang berkapasitas lebih besar? Simpel soalnya Desain dan basis motor ini adalah Cruiser bukan sport. Dan motor cruiser murni adalah Tiger Revo dan Pulsar 180, yang lain merupakan light-city cruiser. Nah!

Pangeran muda Yamaha …

Ronde 1 : Desain Motor

  • Yamaha FZ-160 “Bison” merupakan produk paling gres, tentunya desain motor juga paling gres dibanding kompetitornya dalam komparasi kali ini. Desain yang “plek” persis FZ6 plus kenalpot gemuk yang berada disamping dan suspensi monoshok semakin menunjukan bahwa ini adalah motor generasi terbaru. Oh ya ukuran ban FZ-160 adalah 100/80-17 / 140/60-R17 ukuran ini lebih besar dibanding ban standar Ninja 250r sekalipun
  • Bajaj Pulsar – 180 DTS “serigala” : Pulsar memang menggebrak di kehadiranya pada awal tahun 2007. Desainya unik dan memberi penyegaran. Tetapi hampir 3 tahun modelnya mulai terasa biasa, plus suspensi non monoshock mengingatkan kita pada motor sport -touring dekade 80an
  • Honda Tiger New Revo “macan” : Tiger New Revo, Tiger Revo, Tiger 2000 sebenarnya motor yang sama. Namun kelihaian AHM mendesain baju baru patut diacungi jempol. Apalagi desain lampu ala BMW pun terpasang disini. Body motor terlihat begitu kekar dan berat motor ini memang benar benar legenda yang tidak pernah berubah.

Verdict : Penampilan dan kesegaran FZ160 memberi kesegaran di dunia motor nasional. Seperti juga saudaranya R125 yang merupakan miniatur YZF R6, FZ160 adalah sekala kecil dari FZ6. Sedangkan untuk Tiger New Revo anda memang bisa mengakali umur tetapi kenyataannya mereka harus mengakui FZ160 sebagai yang terbaik. Bajaj Pulsar? Hmm …

Serigala alfa male ini berusaha mengembalikan momentum 2007

Ronde 2 : Performa motor

  • Yamaha FZ160 “Bison” adalah yang terkecil disini. Kapasitasnya adalah 160cc tenaga FZ16o mampu menghasilkan tenaga sampai 14 hp pada 7500 rpm dan bisa menghasilkan torsi sebesar 13.9nm 6000rpm, semuanya dihasilkan dari mesin 153cc. Kendati demikian bobot FZ160 adalah 126 kg, masih lebih ringan dibanding kompetitornya.
  • Bajaj Pulsar 180 DTSi “serigala” memiliki tenaga 16,5 hp pada 8000 rpm dan torsi sebesar 15,3 nm pada 6000 rpm cukup besar disini tapi bobot Pulsar yang 140 kg alias 14kg lebih berat dibanding FZ16 menjadi nilai minus.
  • Honda Tiger New Revo “macan” adalah yang terbesar dari kapasitas yaitu 200cc dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 16,7 hp pada 8500 rpm dan torsi 16nm pada 6500 rpm adalah yang terbesar disini. Bobotnya yang cuma 137 kg dinilai masih wajar.

Verdict : Perbedaan tenaga 1-2 hp sama sekali tidak berpengaruh pada penggunaan jalan raya-kommuter. Tetapi Perbedaan bobot jelas berpengaruh. Meski demikian bisa dibilang performa antara Yamaha FZ160 dan Tiger new Revo bisa dibilang seimbang. Pulsar? nampaknya kejutan mereka cukup sampai akhir tahun 2008 saja.

Macan tua ini masih galak dan tidak mau menyerah

Ronde 3 : Harga, Brand dan Value for Money

  • Yamaha FZ160 “Bison” merupakan motor buatan Yamaha. Sepertinya kebesaran nama Yamaha dan jaringan 3S nya tidak kalah dibanding Honda, meski bisa dibilang honda sedikit “dikiit” unggul dibanding Yamaha. Tetapi
    “Money Matters” harga FZ160 diposisikan dibawah V-Ixion. Artinya kisaran harganya ada di angka 18-19 jutaan. Terpaut hampir 4 juta dibanding Tiggy. Dan ini merupakan perbedaan signifikan.
  • Bajaj Pulsar 180 DTSi adalah yang termurah disini. Namun faktor brand dan jaringan 3s tertinggal amat jauh dibanding raksasa otomotif indonesia khususnya YMKI dan AHM. Sulit membandingkan Pulsar untuk menghadapi keduanya
  • Honda Tiger New Revo “Macan” adalah living legend. Tetapi dibanding produk gress macam FZ160 yang dipatok dibawah V-Ixion terasa kemahalan. Apalagi sekarang jaringan 3S yamaha hampir menyamai AHM. Rasanya sulit buat Revo mengalahkan FZ160 meski untuk menguntit masih memungkinkan!

Verdict : FZ160 jika jadi diluncurkan akhir tahun ini memang luar biasa. Mereka mampu menjadi raja baru cruiser nasional bahkan saudara kembarnya pun yang memakai teknologi injeksi dan radiator bisa dibuat minder. Honda Tiger New Revo tetap sebuah legenda namun harganya semakin hari semakin kemahalan dan ini menjadi kelemahan. Untuk Bajaj Pulsar … anda masih bermain di piala UEFA belum liga Champions !

Dasbor FZ160 yang amat serupa dengan dashboar FZ6

Kesimpulan : Yang Muda yang Perkasa !

Dari 3 ronde terlihat jelas superioritas produk gress akan kompetitornya. Meski berkapasitas lebih kecil namun yang namanya produk baru sulit untuk dilawan. Tiger New Revo kalah bukan tanpa perlawanan, ia hadir dengan kapasitas paling besar dan performa paling dahsyat namun pada akhirnya jagoan tua ini harus mengakui kehebatan pangeran muda Yamaha ini. Bajaj? Sebenarnya Indobikers sendiri agak kaget dalam menulis postingan ini, tetapi layaknya penyani “Lou Bega” yang tenar sesaat kemudian menghilang. Rasanya Bajaj harus berusaha keras lagi. :-D

5 komentar:

  1. Pilih yang mana ya??? Bingung nih! Tiger aja deh!

    BalasHapus
  2. Kalau Scorpio mesin OK,tetapi desain banci,vixion desain ok tetapi larinya lebih lambat dibanding Tiger.Balaj Pulsar mengaku lebih ok larinya,tetapi kenyataan di jalan meragukan,pasalnya tiger ane tak pernah kalah dibalap sama Bajaj Pulsar.Tiger juga gak kenceng-kenceng sekali larinya,tapi bodi masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi banyak yang bilang "Bison" lebih lamban dari Vixion

      Hapus
  3. Beli Ninja 250 bukannya tidak bisa beli,melainkan pertimbangan lain. Top speed OK lah,tetapi gigi bawah/awal tarikan sama Tiger Revo jauh brow, jangan-jangan sama Satria FU juga kalah. Nin 250 bisa melewati Tiger pada jarak lebih dari 1km, itupun kalau jalan kosong.Di Jawa umumnya jalan padat, kapan menangnya kalau begitu.Gua sih turut prihatin aja,...

    BalasHapus
  4. kalau saya milih vixion pada akhirnya. krn irit bbm, ramah lingkungan sudah pakai teknologi injeksi dan pastinya bodynya sporty. dibuat model streetfighter keren juga kok.

    BalasHapus